Sabtu, 26 Agustus 2017

ALHAMDULILLAH, STRATEGI BANTUAN BAZNAS TEROBOS BLOKADE KE MYANMAR

Tidak ada komentar:


Deputi Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas, Arifin Purwakananta tidak khawatir dengan kebijakan pemerintah Myanmar saat ini yang telah memblokade seluruh bantuan dari negara-negara lain. Menurutnya, sejauh ini Baznas tidak pernah mengalami kesulitan untuk masuk ke Myanmar membantu para korban konflik etnis Muslim Rohingya.



"Kami menyalurkan bantuan melalui atau berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, bersama-sama Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) dan di sana kami sudah turun bekerja sama dengan mitra di sana. Jadi kebetulan kalau Baznas tidak ada kesulitan ya," kata Arifin di kantor Baznas, Jakarta Pusat, Senin 4 September 2017.



Arifin mengakui, untuk masuk ke Rakhine, Myanmar, saat ini bukan lah hal yang mudah. Namun demikian, Baznas mencoba menyiasati masuk ke Myanmar dengan cara tidak menyasar Rakhine, lokasi etnis Rohingya, secara langsung.

Dia mengatakan, memang dalam konteks geopolitik dan perkembangan terkini di Myanmar, untuk menembus ke Rakhine memang sulit. Untuk itu, Baznas berupaya mencari alternatif lain agar bisa ditembus oleh Kementerian Luar Negeri.

“Ya, mungkin karena menteri (menlu) kita seorang wanita dan penguasa Myanmar itu seorang wanita juga, dan lain sebagainya, mungkin juga pemerintah Indonesia melakukan pendekatan-pendekatan yang mudah ditembus. Misalnya tidak melakukan pendekatan dengan penekanan mungkin, tapi fokus pada kemanusiaannya," ujar Arifin.


Myanmar telah memblokir semua bantuan dari badan PBB yang selama ini memberikan pasokan makanan, air, dan obat-obatan kepada ribuan warga sipil yang putus asa di tengah kampanye militer berdarah di Myanmar.

Menurut Kantor Koordinator PBB di Myanmar, pengiriman bantuan ditangguhkan karena alasan keamanan dan adanya larangan kunjungan oleh pemerintah. Pihak berwenang juga tidak memberikan izin operasi kepada badan bantuan, sehingga pengiriman pun terpaksa tertunda.

surat edaran baznas
Ayo salurkan Donasi anda 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top